Cerita-Cerita yang Katanya Irwan Marga Santika Penipu

Melihat judul diatas tentunya artikel ini tidak jauh membahas seputar yang mengatakan Irwan Marga Santika Penipu, saya memang sedikit kaget jika ketika kata kunci Irwan Marga Santika. eh yang keluar malah tulisan yang mengatakan Irwan Marga Santika penipu, hacker dll apalagi disebut hacker, boro-boro bisa🙂

Terkadang memang manghadapi hal-hal seperti ini harus benar-benar bijaksana dihadapi karena di internet begitu mudah orang berbicara bahkan siapa saja bisa bicara mengenai hal-hal yang terkadang tidak dikatahui bagaimana situasi dan kondisi yang sebenarnya.

Tulisan yang muncul mengenai Irwan Marga Santika Penipu awal nya ketika saya menjalankan bisnis internet saat itu lumayan cukup banyak jenis bisnis internet yang saya jalani, dari mulai menjadi reseller,affiliasi,review,jasa pembuatan web, PTC dll.

Tulisan yang muncul tentang Irwan Marga Santika penipu kalau saya analisa ternyata dari seputar pembuatan website yang mana alasan utama orang menulis/berpikir seperti itu adalah dikarenakan web yang dipesan tidak saya buat atau tidak selesai padahal situasi yang sebenarnya sangat banyak faktor, berikut penyebab-penyebab yang saya anggap penting, misalnya :

  • Setelah web dibuat langsung diberitahukan ke pemesan namun dalam pengiriman pesan email yang terkirim tidak selalu masuk folder inbox si penerima melainkan masuk ke folder bulk, spam atau junk yang akhir nya email tidak terbaca, hal ini sangat biasa dan bisa terjadi pada server manapun, email tidak bisa masuk ke inbox langsung penyebab nya banyak seperti : Ada deteksi domain, Ada deteksi judul, Ada deteksi konten, Ada deteksi IP, Ada juga deteksi frekuensi jika sudah bisa menhindari semua itu kemungkinan besar pasti masuk inbox dan email pemberitahuan ke pemesan bisa langsung terbaca.
  • Ketika domain dan hosting untuk web tersebut saya daftarkan/registrasi (saya daftarkan ke penyedia server tentunya dan saya pilih penyedia server yang memang dikenal bagus) seperti pada umum nya terjadi, domain dan hosting sudah umum ketika pertama kali/baru di register tidak bisa langsung di akses semua ISP, bsia jadi domain/web tersebut di tempat saya bisa dan di tempat pemesan tidak bisa, karena hal tersebut banyak yang langsung menghubungi dan tidak percaya kalau web tersebuat sudah di registerkan dan sudh dibuat karena kata pemesan web nya tidak bisa di akses, sudah saya jelaskan mengenai resolved DNS dan coba pakai proxy dll tetapi sebagian pemesan tetap tidak mau terima.
  • yang saya terkadang aneh juga, kebanyakan pemesan setelah web dibuat, materi web selalu ingin dirubah-rubah jika di perubahan sedikit masih bisa di toleransi, ini terkadang dalam 1 minggu dua kali ganti semua isi materi web.
  • Pemesan ingin ganti jenis web, tentu saya tolak karena ganti jenis web sama dengan ganti web baru dan saya minta dana tambahan tapi kembali sebagian pemesan tidak terima, padahal selalu sebelum melakukan pemesanan pasti saya berikan demo admin area untuk dicoba.

Suatu saat pernah di email pemesan bahwa web nya harus ada yang diperbaiki lalu saya kirim email ulang bahwa silahkan kirim user dan password admin area nya supaya bisa saya cek karena user dan password admin area yang pertama aya berikan sudah tidak bisa dipakai, biasanya memang dikarenakan sudah dirubah oleh pemilik nya, tapi email balasan tidak saya terima dan tiba-tiba besok nya memasang iklan dengan tulisan bahwa Irwan Marga Santika Penipu, tega nian memang🙂

Ada juga kejadian lain yang lucu, ketika membuat web dikarenakan saya merasa sebelumnya pemesan tersebut sudah kenal dalam artian kenal di internet maka ketika pemesan tersebut minta dibuatkan web terlebih dahulu termasuk biaya domain dan hosting dari saya dahulu, tetapi setelah web dibuat orang nya tidak lagi menghubungi padahal semua ada 3 web, domain dan hosting sudah saya talangi, belum lagi jasa untuk pembuatan web nya😦

Dari semua hal diatas yang sangat di sayangkan adalah, sebagian pemesan kenapa harus terlebih dahulu pasang dan tulis baik itu di iklan dan blog nya sendiri mengenai kecewa, dibilang saya penipu dll padahal semua masih bisa dicarikan solusi dan jalan terbaik, bisa melaui tlp, chat ataupun email.

Padahal kalau saya bilang juga saya dirugikan, karena tulisan yang sudah ditulis dan masuk search engine tidak bisa dihapus kecuali menghubungi yang punya search engine seperti google atau yahoo misalnya.

Jadi saya pikir walupun saya mengikuti keinginan pemesan untuk refund/kembalikan uang, saya tetap rugi, bahkan ruginya saya kira melebihi nilai web, karena tulisan yang sudah dimuat di search engin tidak bisa dihapus, walaupun bisa saja pemesan klarifikasi tapi itu nantinya tidak akan menutupi tulisan awal yang telah dibuat.

Mengenai pengembalian uang kepemesan itu pun sebagian sudah saya lakukan yang menurut saya memang pantas untuk dikembalikan walupun kesalahan tidak semua ada di saya tentunya, tapi setelah itu terkadang saya berpikir apa alasan saya untuk mengembalikan karena semua web telah dibuat dan situasi tidak baiknya hanya karena kesalah paham.

Begitulah internet, jadi setiap orang bisa bebas bicara semaunya, namun yang pasti saya akan kembali menjalankan bisnis online dan mengenai hal diatas sekarang saya pikir tidak ada alasan semua keslahan tertumpu di saya, semua terjadi bisa dari server, ISP, koneksi dll.

Catatan: jika saya anailsa ulang, semua hal diatas ternyata hanya proses sebuah bisnis/membangun usaha yang tentunya banyak kondisi dan situasi yang harus di tempuh, baik ketika situsai mudah ataupun ketika situasi sulit.

Jadi, mari kembali berbisnis online, dan selalu diingat, pengalaman adalah guru terbaik.

Salam sukses untuk semuanya🙂

Silahkan sampaikan komentar Anda dibawah ini :

, , , , , , , , , , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

