Bagaimana Memulai / Setup Blog Anda Sendiri Menggunakan WordPress

Rangkaian tutorial bagaimana Anda bisa memulai membuat blog Anda sendiri dengan menggunakan perangkat lunak blog bernama WordPress.

WordPress adalah sebuah perangkat lunak blog gratis yang dapat anda install ke hosting Anda sehingga Anda dapat menulis dan mengelola blog Anda sendiri. Hal ini umumnya dianggap mudah untuk diinstal dan digunakan.

Tutorial ini membawa Anda langkah-langkah menginstall blog WordPress Anda sendiri, mengkonfigurasi / mengubahnya, modifikasi sehingga search menjadi engine friendly dan seterusnya.

Persyaratan

Ada prasyarat tertentu sebelum Anda dapat men setup blog WordPress.

Hosting web Anda harus mendukung skrip PHP, PHP pada dasarnya adalah sebuah bahasa pemrograman diinterpretasikan. Ini adalah bahasa yang WordPress ditulis, dengan demikian hosting web Anda harus mendukung itu, Kebanyakan, web hosting komersial sudah mendukung PHP

Web host harus memberikan Anda minimal 1 database MySQL, Periksa hosting web Anda, apakah paket hosting Anda menyediakan sebuah basis data MySQL.

Tahap Instalasi

Rekomendasi pribadi saya adalah Anda juga harus mendapatkan nama domain Anda sendiri, WordPress sendiri tidak memerlukan ini, tetapi, sebuah  situs web lebih baik memiliki nama domain Anda sendiri.
Cara Install WordPress

Download software WordPress terbaru. Anda bisa mendapatkan versi zip atau “tar.gz” versi. Jika Anda tidak tahu apa “tar.gz” silahkan men-download versi zip. Tutorial ini mengasumsikan bahwa Anda telah men-download versi zip.

Uraikan (atau unzip) semua file yang terdapat dalam arsip yang telah Anda download. Jika Anda menggunakan Windows XP, cukup klik dua kali file tersebut, dan drag folder “wordpress” ke desktop Anda.

Buka folder “wordpress”,  Pada jendela yang terbuka, Anda akan dapat melihat sebuah file yang bernama “wp-config-sample.php”. Jika Anda tidak dapat menemukan file seperti itu, dan Anda menggunakan Windows, cari file bernama “wp-config-sample” (tanpa ekstensi PHP).

Lalau buka file “wp-config-sample.php” Pada Windows, Anda dapat menggunakan Notepad. Untuk memulai Notepad, buka folder Accessories di menu Start dan klik “Notepad”, Kemudian klik menu “File”, diikuti oleh item “Open” arahkan ke file wp-config-sample.php

Setelah file terbuka, Anda akan melihat baris seperti berikut:

/** The name of the database for WordPress */
define('DB_NAME', 'database_name_here');

/** MySQL database username */
define('DB_USER', 'username_here');

/** MySQL database password */
define('DB_PASSWORD', 'password_here');

/** MySQL hostname */
define('DB_HOST', 'localhost');

/** Database Charset to use in creating database tables. */
define('DB_CHARSET', 'utf8');

Ganti “database_name_here” dengan nama database Anda. Pastikan bahwa nama basis data Anda tertutup dalam tanda kutip tunggal. Artinya, jika nama database Anda adalah “mywordpressdatabase”, baris harus dibaca:

define('DB_NAME', 'mywordpressdatabase');

Ganti “username_here” dengan username database MySQL, dan “password_here” dengan password MySQL anda. Sekali lagi, pastikan Anda tidak menghapus tanda kutip tunggal.

Gulir ke bawah untuk mencari file bagian berisi kata-kata seperti berikut:

define('AUTH_KEY',         'put your unique phrase here');
define('SECURE_AUTH_KEY',  'put your unique phrase here');
define('LOGGED_IN_KEY',    'put your unique phrase here');
define('NONCE_KEY',        'put your unique phrase here');
define('AUTH_SALT',        'put your unique phrase here');
define('SECURE_AUTH_SALT', 'put your unique phrase here');
define('LOGGED_IN_SALT',   'put your unique phrase here');
define('NONCE_SALT',       'put your unique phrase here');

Ganti semua contoh “put your unique phrase here” dengan frase yang Anda inginkan, Seperti kata sandi Anda untuk meningkatkan keamanan blog Anda. Jika Anda tidak bisa memikirkan frase baru untuk kata kunci, anda dapat menggunakan generator WordPress kunci rahasia ‘untuk menghasilkan beberapa urutan acak karakter yang dapat Anda copy dan paste ke baris tersebut.

Simpan file di bawah nama baru, “wp-config.php”. Untuk melakukan ini di Notepad, klik menu “File” diikuti oleh “Save As”. Ketik nama “wp-config.php”, termasuk tanda kutip. Anda harus menyertakan tanda kutip atau Notepad akan memberikan nama file “wp-config.php.txt” di belakang nya.

Bersambung

, , , , , , , , , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: